Beberapa jenis baja ringan memiliki karakteristik masing-masing untuk berbagai keperluan. Jika tidak memahami dan terbiasa maka bisa saja bingung untuk memilih jenis yang cocok. Berikut ini terdapat beberapa tips untuk membeli rangka baja agar tidak salah.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Pilih jenis dan bentuk baja ringan sesuai dengan jenis atap yang akan menjadi beban di atasnya. Pertimbangkan juga bahan penutup atap seperti genteng, keramik, asbes, beton, dan lain-lain yang memiliki bobot yang berbeda. Rangka dan atap yang cocok tentu akan lebih awet dan lebih aman untuk penghuninya.

Pilih Rangka Baja Ringan Terbaik

Cara mengetahui kualitas yang bagus adalah dari tegangannya yang memiliki nilai 550 Mpa yang cocok untuk berbagai penutup. Selain itu bisa dengan melihat materialnya dengan SAR Grade 980. Yang tidak kalah penting adalah memilih produk dengan lapisan anti karat dan anti korosi yang biasanya berupa galvalume atau galvanis.

Pilih Produk Prefabrikasi 

Prefabrikasi berarti pemotongan rangka baja dilakukan oleh pabrik pembuatnya bukan oleh toko penjualnya. Dengan demikian, ukuran dari baja ringan lebih akurat dan rapi yang akan memudahkan proses pemasangan. Meskipun harga produk bukan prefabrikasi biasanya lebih murah, tetapi kualitas produk prefabrikasi tentu lebih unggul.

Pilih Bracing yang Tepat

Memilih bracing yang tepat penting agar bangunan rangka baja tidak mudah roboh karena sifat baja ringan yang lentur. Kemungkinan roboh bisa terjadi karena baja ringan memiliki tegangan rendah dan longgar. Untuk itu tanyakan terlebih dahulu bracing kepada penjual agar tidak salah dalam memilihnya.

Adanya Garansi dan SNI

Selain menunjukkan kualitasnya, garansi akan memberikan ketenangan pada pelanggan karena jika kerusakan terjadi akan ada jaminannya. Selain itu, adanya SNI (Standar Nasional Indonesia) menjadi jaminan lain akan kualitas dari rangka baja atap. Garansi dan SNI dapat menandakan produk berkualitas, tahan lama, dan lulus uji coba sesuai dengan ketentuan yang ada. 

Meskipun harga yang murah bisa menjadi cara menekan biaya pembangunan, namun yang paling utama adalah kualitas rangka baja. Untuk mendapatkan harga dan kualitas baik, gunakan tips di atas dan carilah informasi dari media online atau orang lain. Bandingkan beberapa produk dan toko untuk mendapatkan baja ringan berkualitas dengan harga terbaik.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *