Salah satu tujuan pernikahan adalah memiliki momongan. Membina rumah tangga akan semakin berarti dengan hadirnya momongan. Terlebih bagi suami-istri yang baru saja menikah. Tak perlu khawatir, Anda bisa cepat hamil dengan membuat kalender masa subur di aplikasi kalender masa subur. Bagaimana cara membuat kalendernya, simak penjelasan berikut ini:

Masa Subur Wanita

Masa subur adalah masa sebelum terjadi ovulasi. Biasanya masa subur itu terjadi  2 sampai 5 hari sebelumnya. Pada masa subur tersebut sel telur dilepas dan butuh untuk segera dibuahi oleh sperma dalam rentang 12 sampai 24 jam. Ketika pembuahan terjadi di masa subur, maka kemungkinan besar embrio akan sukses dihasilkan. Masa subur ini dihitung dengan kalender masa subur wanita sebagai pedoman bagi setiap wanita yang ingin segera hamil.

Masa Ovulasi Wanita

Masa ovulasi tergantung dari siklus haid dan berbeda-beda untuk setiap wanita. Masa haid wanita ada yang berlangsung selama 5 hari bahkan ada yang sampai 7 hari. Untuk siklus haid yang terjadi 28 hari, maka terjadinya ovulasi adalah pada hari ke-12 sampai 14 dari hari pertama setelah selesai haid.  

Masa Subur Wanita Setelah Haid

Anda dapat membuat kalender dalam dua cara yaitu, kalender masa subur untuk siklus terpendek dan siklus terpanjang. Biasanya dengan estimasi dari siklus haid delapan bulan terakhir.

Bagi Anda yang ingin menghitung dengan siklus terpendek, lakukan cara ini. Buat patokan angka siklus terpendek haid Anda, misal 28 hari. Angka 28 Anda kurangi dengan 18, maka hasilnya 10. Angka tersebut menunjukkan hari pertama masa paling subur Anda. 

Kemudian untuk menghitung dengan siklus terpanjang 35 hari. Angka 35 Anda kurangi dengan 11, maka hasilnya 14. Angka inilah masa paling subur terakhir Anda yang harus dicatat pada kalender masa subur setelah haid.

Kalender Bulanan Masa Subur Anda

Jika usaha yang Anda lakukan belum membuahkan hasil, maka jangan kecewa. Inilah pentingnya membuat kalender masa subur untuk hamil. Jika Anda belum berhasil di bulan ini, maka berusahalah dengan pasangan di bulan berikutnya. Hitunglah kembali masa subur Anda berdasarkan masa ovulasi hari terakhir haid. 

Tanda-tanda Fisik Masa Subur Wanita

Selain perhitungan dengan angka, Anda juga dapat mengenali masa subur dari tanda-tanda fisik. Biasanya wanita yang merasa cepat gerah karena suhu basal tubuh meningkat, terutama di pagi hari ketika bangun tidur. Kemudian jika Anda merasa lebih bergairah dibanding hari-hari biasanya. Jika Anda pernah merasakan nyeri padahal tidak sedang haid, maka itu pertanda Anda sedang dalam masa subur. Nyeri tersebut terjadi karena ovulasi.

Aplikasi kalender masa subur ini sangat membantu wanita untuk memastikan waktu paling tepat menentukan masa subur. Terutama bagi suami-istri yang melakukan program untuk cepat hamil. Disarankan pula bagi Anda dan pasangan untuk berkonsultasi ke dokter kandungan. Tujuannya agar dapat diberikan persiapan yang perlu dilakukan dalam melakukan program hamil


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *