Bisnis skincare memang masih menjadi primadona saat ini dan diperkirakan akan tetap bertumbuh di tahun – tahun yang akan datang. Menariknya lagi, Yang penting punya ide produk, kamu sendiri pun bisa memproduksi produk skincare tanpa harus memikirkan biaya untuk membuat sebuah perusahaan produksi. 

Kamu hanya tinggal menghubungi penyedia jasa maklon kosmetik dan bicarakan tentang ide produk mu. Tapi sebelum itu, apa  saja komponen utama yang menentukan harga maklon kosmetik yang perlu kamu ketahui? Simak terus artikel ini 

Biaya Pembuatan Sampel

Beberapa pabrik sudah menetapkan standar minimum untuk pembuatan sampel, ini biasanya ini diluar harga maklon kosmetik saat sudah produksi massal. Tentunya kamu tidak ingin langsung membuat produk secara massal yang sebelumnya belum pernah dicoba kan?

Jika nantinya ternyata masih ada yang salah dan perlu perbaikan, kamu tinggal memintanya untuk mengulangi dan memperbaiki sampelnya. Setelah produk dipastikan sudah sesuai baru deh kamu akan diajak untuk produksi massal skincare kamu.

Meskipun begitu ada juga beberapa pabrik maklon kosmetik yang membebaskan biaya pembuatan sampel ini. Hanya saja waktu yang dibutuhkan juga biasanya lebih lama.

Biaya Perizinan 

Tahapan selanjutnya adalah mengurus perizinan. Izin disini menjadi komponen wajib apabila produkmu akan dijual bebas. Izin yang menyangkut peredaran produk kosmetik dan skincare di Indonesia adalah ; Izin Edar dan Sertifikat Halal

Surat izin edar ini dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia. Dengan adanya nomor notifikasi BPOM di kemasan produk kamu sekaligus menyatakan bahwa produk kamu telah layak edar, aman, sesuai standar yang ditetapkan di BPOM dan bisa dipertanggung jawabkan secara Hukum.

Selain itu kamu masih harus mengurus sertifikat halal yang dikeluarkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Syaratnya adalah pabrik maklon yang kamu percayakan untuk membuat produk mu harus memiliki Sertifikat Jaminan Halal (SJH). Umumnya semua penyedia jasa maklon kosmetik sudah memiliki SJH.

Biaya Produksi 

Untuk komponen terakhir yang paling menentukan harga maklon kosmetik adalah biaya produksi, yang terbagi atas dua hal, yaitu :

  1. Bulk Produk

Bulk produk adalah produk yang sudah di produksi tapi belum dikemas. Setelah produkmu sudah jadi bulk, kamu tinggal memilih kemasan seperti apa yang kira – kira cocok untuk produkmu.

  1. Kemasan (Primer & Sekunder)

Pemilihan kemasan tentu sangat penting, karena akan sangat berpengaruh terhadap minat konsumen dalam membeli produk kamu. Dalam dunia kosmetik, sudah menjadi hal yang biasa ketika harga kemasan jauh lebih mahal dibanding produknya sendiri terutama Kemasan Primer.

Ini karena pemilihan kemasan primer dan sekunder (Utama dan Dus Pembungkus) harus mempertimbangkan positioning produk yang akan dibangun, target konsumen serta kisaran harga yang ditetapkan.

Demikian pembahasan kita tentang tiga komponen utama yang wajib kamu ketahui tentang harga maklon kosmetik untuk membuat produk skincare dengan merekmu sendiri. see you di artikel berikutnya.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *