Anda pasti sudah menemukan mesin kopi espresso di coffee shop. Setiap mesin memiliki bentuk dan jenis yang berbeda-beda mulai dari fungsi, hingga harganya. Mesin kopi espresso ini merupakan mesin yang mampu menciptakan cita rasa kopi berbeda. Minumannya berasal dari ekstrak bubuk kopi dicampur dengan air yang dipanaskan pada tekanan tinggi.  

Mengenal mesin kopi espresso 

Pertama kali mesin kopi sudah berkembang sejak aba ke-19 di berbagai Negara. Mesin kopi berasal dari italia, espresso merupakan bahasa Italian yang artinya cepat. Pembuatan mesin kopi dikarenakan saat itu banyaknya pembeli kopi yang harus dilayani. Oleh karena itu, mesin ini hadir untuk mempermudahkan penjual menyajikan kopi dengan cepat. 

Angelo Moriondo adalah orang yang menemukan alat penyeduh kopi ini dan disebut sebagai mesin terbaru untuk pembuatan kopi. Namun, mesin moriondo mulai dikembangkan oleh beberapa nama sehingga munculah mesin espresso. 

Bagian dari mesin kopi espresso 

Saat anda menggunakan mesin kopi espresso, paling penting adalah memahami bagian-bagian penyusun mesin espresso. Selain itu, akan memudahkan anda untuk membersihkan bagian tersebut. Beberapa bagian mesin espresso antara lain: 

  1. Portafilter 

bagian portafilter berfungsi sebagai tempat bubuk kopi yang akan diekstrak. Portafilter juga terdiri dari 3 bagian yaitu basket, spouts, dan handle

  1. Kontainer 

Kontainer biasa disebut juga water boiler, ini adalah tabung yang ditempatkan dalam mesin dan berguna untuk menyimpan air panas. 

  1. Group head 

Fungsi group head adalah untuk ekstrak kopi dengan tekanan tinggi. Ini juga diibaratkan sebagai pintu karena tempat bertemunya antara air panas dan bubuk kopi dari portafilter. 

  1. Extraction switch 

Selanjutnya bagian dari mesin espresso adalah extraction switch. Ini berfungsi untuk memulai atau memberhentikan proses ekstraksi bubuk kopi. Biasanya tombol ini tidak ditemukan pada mesin espresso manual. 

  1. Tamper 

Alat ini juga penting karena digunakan untuk memadatkan bubuk kopi pada bagian portafilter yaitu dengan cara ditekan bubuk kopinya. 

  1. Drip tray 

Tempat sisa air dari ekstrak kopi disebut sebagai drip tray. Ini juga mampu menampung air, ampas, atau bubuk kopi yang mungkin saja tercecer. Selain itu, bagian juga yang dapat membantu buang ampas kopi adalah knockbox. Namun, alat knockbox tidak menyatu pada mesin espresso. 

  1. Steam wand dan steam knob 

Pipa penghantar uap yang dapat memanaskan susu, disebut sebagai steam wand sementara steam knob adalah tombol untuk menghidupkan serta memastikan uap dari steam wand. 

Pada steam wand terjadi frothing atau proses pembuihan susu. Penyajian minuman kopi espresso dengan mesin kopi espresso dapat ditambah dengan campuran cappuccino, latte dan lainnya.  

Setiap mesin kopi espresso memiliki jenis tombol berbeda seperti diputar atau juga ditekan. Steam knob ini juga dapat mengatur jumlah uap yang akan dikeluarkan untuk memanaskan susu. 


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *