Mesin kopi atau coffee maker merupakan sebuah alat yang sering digunakan oleh para barista untuk menyeduh kopi secara mudah dan otomatis, tanpa harus menyeduhnya secara manual. Dengan menggunakan mesin kopi ini, pasalnya rasa kopi dan aroma kopi yang dihasilkan menjadi lebih kuat dan nikmat.

Salah satu mesin kopi yang sering digunakan oleh beberapa cafe di sekitar kita adalah astoria machine espresso. Mesin kopi satu ini selain sering digunakan di beberapa cafe di Indonesia, mesin kopi ini juga bisa digunakan di rumah maupun di kantor.

Pada astoria machine espresso terdapat alat yang dibuat khusus untuk para pemula. Sehingga memudahkan kita untuk membuat kopi secara mandiri tanpa adanya barista. Nah untuk lebih dalamnya lagi, yuk kenalin dulu apa itu mesin espresso astoria ini.

Mesin espresso astoria

Astoria merupakan sebuah perusahaan manufaktur yang memproduksi mesin espresso yang berbasis di Italia, perusahaan ini berfokus pada penyediaan mesin berkualitas namun dengan harga yang cukup terjangkau.

Selain harganya yang cukup terjangkau ini astoria machine espresso dikenal karena umurnya yang panjang, dan tidak mudah rusak serta kemampuannya dalam menghasilkan minuman berbasis espresso yang luar biasa.

Selain mesin kopi, astoria juga mengeluarkan coffee grinders untuk para pecinta kopi. Pada astoria machine espresso terdapat panduan yang bisa kita gunakan ketika ingin menggunakan alat pembuat kopi satu ini, sehingga kita bisa menggunak mesin kopi dengan benar.

Nah setelah mengetahui salah satu mesin kopi yang ada di Indonesia, tak ada salahnya jika kita juga mengetahui cara merawat mesin kopi agar tidak mudah rusak.

Cara merawat mesin kopi agar tidak mudah rusak

  •           Bersihkan Filter Basket dan Portafilter 

Cara merawat mesin kopi yang pertama adalah dengan membersihkan filter basket dan portafilter setelah selesai memakainya. Hal ini bertujuan agar tidak ada sisa espresso yang menempel pada filter basket dan portafilter. Sisa espresso yang menempel dapat mempengaruhi rasa pada kopi berikutnya.

  •           Bersihkan Grouphead Atau Tempat Portafilter

Jika filter basket dan portafilter dibersihkan setiap selesai dipakai, maka bersihkan grouphead ketika ingin dipakai ya.

  •           Bersihkan Steam Wand

Steam wand merupakan bagian yang juga harus selalu bersih. Setelah susu sudah selesai di steam, segera lap steam wand dengan kain basah yang masih bersih.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *