Permintaan masyarakat akan penggunaan alat pembayaran kartu untuk transaksi nontunai semakin meningkat, maka diperlukan pengembangan infrastruktur, perangkat dan mekanisme sistem pembayaran nasional untuk memproses semua transaksi pembayaran dalam negeri secara saling berhubungan. Lalu munculnya gerbang pembayaran nasional bisa menjawab akan kebutuhan tersebut.

Tak heran jika Bank Indonesia membuat peraturan terkait GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) di tahun 2017. GPN  bertujuan untuk menghilangkan batasan yang ada, dan hanya mesin EDC / ATM dengan logo yang sama yang dicetak pada kartu di bank yang sama yang dapat memenuhi kebutuhan bank. Selain itu, sistem yang telah dipelajari lebih dari 20 tahun ini juga bertujuan untuk menciptakan infrastruktur pembayaran yang lebih efisien, andal, dan aman.

Bahkan Bank Indonesia sendiri sudah mewajibkan nasabah untuk mempunyai paling tidak 1 kartu debit dengan logo GPN dari semua rekening yang sudah dimiliki nasabah. Kali ini artikel akan membantu anda untuk mengenal lebih lanjut tentang gerbang pembayaran nasional.

Pengertian GPN 

National Payment Gateway (NPG) atau Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) adalah sistem yang dapat menghubungkan semua instrumen pembayaran (kartu debit, kartu kredit atau uang elektronik) dengan mesin / perangkat transaksi pembayaran (seperti ATM, mesin electronic data capture /EDC ), dan saluran pembayaran lainnya.

Singkatnya, semua nasabah dapat melakukan transaksi offline, seperti pembayaran, pengiriman uang atau tarik tunai, secara gratis di anjungan tunai mandiri (ATM) atau electronic data capture (EDC) mana pun dengan logo GPN di Indonesia. Hal ini membuat nasabah dalam bertransaksi lebih mudah. 

Keuntungan menggunakan kartu GPN

Dengan menggunakan Kartu Debit berlogo GPN, Anda tidak hanya dapat melakukan transaksi di seluruh Indonesia (karena terhubung dengan mesin ATM / EDC manapun), tetapi juga mendukung perbankan Indonesia untuk upaya infrastruktur pembayaran yang lebih efisien, andal, dan aman.

Selain itu, jika biasanya kartu debit yang diterbitkan bank akan dikenakan biaya administrasi bulanan yang lumayan tinggi, saat ini nasabah juga akan mendapat keuntungan seperti penurunan biaya administrasi sekitar 1000 rupiah per bulan saat menggunakan kartu debit dengan logo GPN. Bahkan ada beberapa kartu debit berlogo GPN yang tidak memotong biaya administrasi bulanan sepeser pun. 

Kartu debit berlogo GPN

Merujuk pada ketentuan Bank Indonesia 19/8 / PBI / 2017 tentang . gerbang pembayaran nasional, banyak bank yang sudah meluncurkan kartu debit berlogo GPN di tahun 2018 yang dapat digunakan oleh seluruh nasabah yang telah mengaktifkan rekeningnya.

Sama seperti kartu debit lainnya, pembuatan kartu GPN tidak dikenakan biaya. Untuk mendapatkan kartu berlogo GPN, Anda dapat membuat mendatangi customer service dari layanan bank yang anda pilih. 


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *